Minggu, 13 Mei 2012

Pencarian Data Berdasarkan Kategori


Langkah pertama untuk membuat program Pencarian Data Berdasarkan Kategori yang akan kita pilih yaitu, pertama kita terlebih dahulu membuat Form baru. Kemudian didalam Form tersebut kita beri sebuah textbox, sebuah command button, dan sebuah grid. Kemudian beri name pada masing2 komponen tersebut dalam sebuah property. Pada textbox kita beri nama “text1, kemudian pada grid name nya sesuai default aja, dan command button kita beri nama “CommandCari”.
Procedure “Form1″ Method “Load”
Agar dapat melakukan koneksi dengan database yang telah kita buat, langkah pertama yang akan kita lakukan adalah memberikan code pada Form1. Yaitu dengan cara klik 2x pada Form1, kemudian ketikkan code dibawah ini :

CLOSE DATABASES
CLOSE TABLES all
CLOSE INDEXES
SET DEFA TO d:\Artikel_Foxpro_9\Latihan
USE mata_kul ” Keterangan : Code disamping merupakan nama tabel yang akan kita gunakan. “
SET ORDER TO tag kd_mk
Procedure “CommandCari” Method “Klik”
Untuk dapat melakukan pencarian, langkah selanjutnya yang harus kita lakukan yaitu memberi code pada command button yang akan kita gunakan untuk tombol pencarian. Caranya yaitu klik 2x pada CommandCari. CommandCari tersebut adalah name dari tombol cari. Sesudah itu, pada Method kita pilih “Klik”. Kemudian pada bagian penulisan program kita tuliskan listing code dibawah ini :
SET ORDER TO tag nm_mk
SET EXACT OFF
SEEK ALLTRIM (thisform.text1.Value) ” Keterangan : Code disamping digunakan untuk melakukan pencarian berdasarkan kategori yang akan kita masukkan yang terdapat pada bagian text1 ”
WITH thisform
IF FOUND()
.txtkd_mk.value=mata_kul.kd_mk
.txtnm_mk.value=mata_kul.nm_mk
.txtjml_sks.value=mata_kul.jml_sks
.grid1.setfocus
ELSE
MESSAGEBOX(“Data tidak ditemukan”,64,”Cari data”)
.txtcari.setfocus
ENDIF
ENDWITH
Procedure “Form1″ Method “tampil”
Langkah Pertama Untuk membuat Method baru pada Foxpro yaitu Klik “Form” pada Menu diatas kemudian klik “New Method”, lalu tuliskan Method baru dengan nama “tampil”. Kemudian tuliskan listing code dibawah ini pada Procedure Form dengan cara klik 2x pada form kemudian pada pilihan Method Kita pilih Method baru yang tadi telah kita buat yaitu Method “tampil”. Setelah itu ketikkan pada bagian penulisan code listing code berikut ini :
WITH thisform
.grid1.recordsource=”mata_kul”
.grid1.columncount=3
.grid1.column1.width=100
.grid1.column2.width=100
.grid1.column3.width=80
.grid1.column1.controlsource=”mata_kul.kd_mk”
.grid1.column2.controlsource=”mata_kul.nm_mk”
.grid1.column3.controlsource=”mata_kul.jml_sks”
.grid1.column1.header1.caption=”Kode Matakuliah”
.grid1.column2.header1.caption=”Nama Matakuliah”
.grid1.column3.header1.caption=”Jumlah SKS”
ENDWITH
Sesudah semua listing code Kita buat. Langkah terakhir yaitu melakukan running program untuk menguji apakah program pencarian pada Grid benar.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Tidak ada komentar:

Posting Komentar